Minggu, 31 Oktober 2010

PENGOBATAN-BRONCHITIS

4. BRONCHITIS
          Bronchitis adalah peradangan yang terjadi di bronki, yaitu saluran utama yang mengangkut oksigen ke paru-paru. Peradangan pada bromki akan menghasilkan lendir, sehingga penderita bronchitis sering mengeluarkan reaksi batuk untuk mengeluarkan kelebihan lendir dalam bronki.


PENYEBAB
          Pilek atau flu merupakan penyebab utama bronchitis.Zat-zat iritan yang terdapat dalam udara pun dapat memicu terjadinya bronchitis. Begitu pula dengan kebiasaan merokok, alergi, dan infeksi saluran pernafasan. Bila dalam kondisi ringan bronchitis biasanya hanya berlangsung sekitar satu sampai dua minggu. Tetapi jika sudah dalam kondisi yang kronis dapat berlangsung menahun.


PENGOBATAN
  • 3 buah mengkudu/pace yang matang, dipotong-potong + 15 gr jahe + 1 siung bawang putih, kemudian diblender dengan air secukupnya dan direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata, dan diminum.
  • 2 buah mengkudu/pace yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong + 15 gr jahe + gula merah secukupnya + 2 butir kiam boi/sun dibuang bijinya, kemudian diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu secukupnya dan diminum.
  • 2 buah mengkudu/pace matang dicuci dan dipotong-potong + 15 gr jahe + 20 gr kulit jeruk mandarin kering + 5 butir cengkih direbus dengan 600 cc air hingga 300 cc. Saring, dan airnya diminum hangat-hangat.

Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.

1 komentar: